Hubungan antara bekerja shift dengan obesitas

Diabetes Reviews, ; 7: Gangguan kesuburan dan kehamilan Bekerja shift dapat memengaruhi sistem reproduksi wanita. Depresi dan gangguan suasana hati Beberapa penelitian telah menemukan bahwa pekerja shift lebih cenderung mengalami gejala depresi dan gangguan suasana hati lainnya.

Obesitas perlu dibedakan antara obesitas sentral atau visceral dan obesitas perifer. Karena tidak efektifnya kerja insulin membantu penyerapan glukosa oleh sel-sel tubuh maka pankreas akan berusaha menghasilkan lebih banyak insulin. Keterangan Gambar 3.

Diabetes dan Obesitas (Kegemukan)

Pembakaran asam lemak bebas meningkatkan Acetyl CoA, jumlah Acetyl CoA yang berlebihan akan menghambat enzim heksokinase yang merupakan enzim penting untuk merubah oksidasi glukosa menjadi glukosafosfat GP.

Obesitas atau kegemukan sudah menjadi masalah global terutama di negara-negara berkembang dan di negara-negara maju. Weyer dkkmelaporkan kadar adiponektin pada orang kulit putih dan Indian Pima berkurang. Dari penelitian tersebut, diketahui bahwa pekerja yang punya masalah obesitas rata-rata tidak hadir bekerja antara satu hingga dua hari dalam setahun.

Dibandingkan dengan adipositokin lainnya, kadar adiponektin paling tinggi dalam sirkulasi. Eckel RH ed. Obat yang berkaitan dengan faktor risiko kardiovaskuler Oleh karena prevalensi hipertensi, dislipidemi sangat tinggi pada penderita diabetes melitus, sedangkan sasaran yang ingin dicapai sangat ketat maka obat yang berkaitan dengan faktor risiko kardiovaskuler seperti antihipertensi, obat hipolipidemik hampir secara rutin diberikan.

Tumor necrosis factor - Alfa Sama dengan leptin dan asam lemak bebas, kadar TNF-Alfa plasma meningkat dengan meningkatnya berat badan, dan berperan dalam mekanisme resistensi insulin perifer.

Peran asam lemak bebas Pada mereka yang gemuk maupun diabetes melitus tipe 2 selalu ditemukan kadar asam lemak bebas yang tinggi. Belum lagi, fakta bahwa kaum buruh memang masih kurang diperhatikan kesehatannya. Diduga bahwa asam lemak bebas yang tinggi akan mengakibatkan terjadinya deposit trigliserid berlebihan pada sel beta pankreas, dan akan menyebabkan terjadinya kerusakan sel beta pankreas.

Meningkatnya asam lemak bebas pada mereka yang gemuk dan diabetes melitus tipe 2 disebabkan oleh meningkatnya pemecahan trigliserid proses lipolisis di jaringan lemak terutama di daerah visceral.

Selain fakta tersebut, juga terungkap bahwa masalah ini menyebabkan munculnya biaya lebih dari 8 miliar dolar AS per tahun dalam perekonomian di Amerika Serikat. Pada keadaan normal otot akan menggunakan glukosa oksidasi glukosa untuk menghasilkan energi.

Jurnal Doc : skripsi hubungan lansia dengan hipertensi pdf

Namun, pekerja yang punya kelebihan berat badan tapi tidak bermasalah obesitas gemuk, tidak memiliki jumlah absen hari kerja yang lebih tinggi. Pickup JC, Williams G eds. Lama-kelamaan karena dipaksa untuk menghasilkan insulin secara berlebihan secara terus-menerus, akhirnya kemampuan pankreas untuk menghasilkan insulin semakin berkurang.

Pada manusia, IL-6 memacu pelepasan glukagon dan kortisol dan meningkatkan glukoneogenesis. Hati Keadaan yang sama terjadi di hati, dimana hati akan menampung sebagian besar asam lemak bebas dan menjadi bahan untuk proses glukoneogenesis dan sintesis VLDL.

J Clin Endocrinol Metab ; Kerja shift malam tentu akan mengubah rutinitas Anda. Seperti diketahui lemak visceral peka terhadap rangsangan saraf simpatis sehingga metabolisme sel lemak visceral sangat aktif. Meski tidak ada data pasti mengenai jumlah buruh di Indonesia yang mengalami obesitas, namun tetap saja masalah kesehatan ini harus jadi perhatian para buruh.

Obesitas atau kegemukan adalah suatu kondisi dimana tubuh seseorang memiliki kadar lemak yang terlalu tinggi. Resistensi insulin merupakan faktor resiko seseorang dapat mengalami diabetes tipe 2. Setuju kerja shift malam artinya Anda harus mau dan bisa tetap terjaga sepanjang malam.

Keseimbangan hormon tampaknya juga mengambil peran. Banyak ahli kesehatan yang merekomendasikan makan makanan sehat seimbang dan berolah raga secara teratur serta mengurangi stress sebagai langkah awal untuk mencegah obesitas dan diabetes.

Risiko stroke meningkat setelah seseorang melakukan kerja shift selama 15 tahun. Pada penderita diabetes tipe 2, pankreasnya sebenarnya menghasilkan insulin dalam jumlah yang cukup untuk mempertahankan kadar glukosa darah pada tingkat normal, namun insulin tersebut tidak dapat bekerja maksimal membantu sel-sel tubuh menyerap glukosa karena terganggu oleh komplikasi-komplikasi obesitas, salah satunya adalah kadar lemak darah yang tinggi terutama kolesterol dan trigliserida.

Dahulu obesitas cenderung dialami oleh orang dewasa tua, namun sekarang orang muda yang mengalami obesitas cenderung meningkat jumlahnya. Anda jadi lebih sulit tidurn nyenyak insomniasering kelelahan yang tampaknya tidak pulih-pulih, hingga masalah kesehatan lainnya seperti gangguan pencernaan mulai dari sakit perut, mual, diare, sembelit, dan nyeri ulu hati, hingga risiko cedera dan kecelakaan.

Penelitian lain pada manusia, kadar adiponektin meningkat dengan penurunan berat badan dan pemberian agonis PPAR, rosiglitazone. Shift kerja di pesawat terbang, seperti pilot dan pramugari, meningkatkan risiko hingga 70 persen. Di sisi lain, beberapa profesi mungkin menuntut pekerjanya untuk memiliki jam kerja yang terbalik dari malam hingga pagi.

Buruh yang Obesitas Lebih Sering Absen Bekerja

Peneliti telah menemukan hubungan yang menarik antara pekerja shift dan peningkatan risiko kondisi kesehatan yang serius.

Consensus development conference on insulin resistance. Bastard, dkk.Orang yang memiliki BMI antara 25 samapi 29,9 disebut kelebihan berat badan, sedangkan orang dengan BMI lebih dari 30 disebut obesitas. Salah satu resiko yang dihadapi oleh orang yang obesitas adalah penyakit diabetes tipe 2.

Masalah obesitas ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan para pekerja shift malam, termasuk kaum buruh, yang selalu makan secara berlebihan agar tetap terjaga pada malam hari, bahkan dengan makanan yang tidak sehat.

Bekerja shift tampaknya terkait dengan peningkatan risiko komplikasi selama persalinan, bayi prematur dan bayi lahir berat badan rendah, masalah kesuburan, endometriosis, menstruasi tidak teratur, dan menstruasi yang menyakitkan.

terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan kejadian obesitas sentral yakni terdapat nilai p = 0, begitupun halnya dengan status merokok dan kejadian obesitas sentral diperoleh nilai p = 0, yang berarti tidak ada hubungan bermakna antara keduanya.

download hubungan antara obesitas sentral dengan adiponektin pada pasien geritari dengan penyakit jantung koroner download korelasi antara obesitas sentral dengan adiponektin pada lansia dengan. Untuk mengetahui hubungan antara obesitas dengan gejala Excessive Daytime Sleepiness (EDS). Manfaat Penelitian Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk: eaterypulsetv.com: Skripsi.

Hubungan antara bekerja shift dengan obesitas
Rated 5/5 based on 62 review